DESA TUGU

Desa Tugu adalah salah satu desa di Kecamatan Sendang. Desa ini memiliki 5 dusun yakni Tugu, Kalimati, Soko, dan Sukorejo. Di desa ini terdapat destinasi wisata bernama Tugu Durian Park. Destinasi ini memadukan wisata menikmati pemandangan alam sekaligus menikmati lezatnya buah durian dan olahannya.

Sejarah

Pada jaman kerajaan Mataram ada paceklik yang terjadi di kerajaan tersebut. Sang raja memerintahkan seseorang yang dianggap mampu melaksanakan tugas tersebut untuk memohon kepada Sang Hyang Widhi bagaimana mengatasi paceklik tersebut. Orang tersebut bernama Ki Kriyo Menggolo dan bersemedi di kaki gunung Wilis.

Sesampainya di lereng gunung Wilis, sang utusan melaksakanan topo broto. Ki Kriyo mengalami sakit sampai lemas dan tidak bisa berjalan. Dalam keadaan lemas, Ki Kriyo merangkak menuruti lereng Wilis dan menemukan sumber air. Kemudian beliau meminum air tersebut dan secara tiba-tiba beliau merasa badannya kembali sehat. Keberadaan air tersebut yang membuat Ki Kriyo sehat dibari nama Sumber Waras yang sekarang orang-orang menyebutnya Moro Sido.

Kemudian beliau melanjutkan peralanan ke arah timur dan sampailah di sebuah pohon besar. Pohon tersebut adalah pohon Pakel. Berteduhlah beliau di bawah pohon tersebut dan merasa naman serta sejuk sampai akhirnya memetik buahnya. Di situlah Ki Kriyo merasakan kejadian yang menurutnya aneh. Buah pakel tersebut tidak sama rasanya. Di ranting sebelah rasanya manis dan di ranting lainnya terasa asam. Sehingga Ki Kriyo menganggap pohon tersebut sebagai batas wilayah atau pathok perbatasan.

Dengan demikian beiau menamakan tempat tersebut Tugu kemudin beliau menetap di tempat tersebut. Setiap pohon tersebut berbuah, oleh Ki Kriyo buah yang rasanya manis dikirim ke Kediri dan yang rasanya asam dikirim ke Tulungagung.

Wilayah Desa

0
Dusun
0
Rukun warga
0
Rukun tetangga
Wilayah Dusun
Batas Wilayah

Visi & Misi

Membangun Masyarakat Cerdas, Berkualitas dan Sejahtera Menuju Kemakmuran Masyarakat yang Adil dan Merata
  1. Mewujudkan masyarakat desa dapat mengenyam pendidikan formal maupun informal.
  2. Mewujudkan kehidupan masyarakat desa yang semakin baik, sehingga memiliki nilai jual terhadap cipta, rasa dan karsanya.
  3. Mewujudkan kehidupan masyarakat desa semakin baik.
  4. Mewujudkan rasa keadilan masyarakat dalam kerangka pelayanan masyarakat yang lebih baik.
  5. Mewujudkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya yang dapat dirasakan oleh masyarakat desa tanpa memandang kepentingan politik, SARA dan antar golongan.

Perangkat Desa

Aparat desa Tulungagung periode 2016-2022

PARLAN

Kepala Desa

JUKIN AL YASIN

Sekretaris Desa

AWITO

Kaur Tata Usaha dan Umum

SUROSO

Kaur Perencanaan

MONGIN

Kasi Kesejahteraan

DINIK

Kasi Pemerintahan

SITI ANISAH

Kepala Dusun

TIMI

Kaur Keuangan

ENDRA SETIYAWAN

Operator Desa

Ingin tahu statistik desa?

Semua data statistik tentang desa